Jumat, 24 Mei 2024

BI Dorong Digitalisasi dan Promosikan Produk UMKM melalui KKSU

waktu baca 2 menit
Sabtu, 18 Mar 2023 13:03 0 23 redaksi2

MEDAN-Bank Indonesia  Sumatera Utara (BI Sumut) tinjolkan komoditas kopi melalui pameran Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2023 di Atrium Plaza Medan Fair.

Pameran yang berlangsung mulai 16 hingga 19 Maret 2023 itu dibuka Deputi Gubernur BI dan Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut.

Kegiatan tersebut digelar dengan tujuan meningkatkan akses pasar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), memberi kesempatan bagi UMKM mempromosikan produk, mendorong digitalisasi serta memperluas jalinan relasi dengan pihak lain.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Doddy Zulverdi mengatakan, KKSU tahun ini bertema ‘Ragam Kreasi Budaya dan Pesona Kopi Sumatera Utara’.

Tema itu dipilih sebagai upaya untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Sumut terutama pada sektor kopi.

Menurutnya, di tengah perkembangan ekonomi digital, banyak perusahaan marketplace dan startup membantu UMKM memanfaatkan platform e-commerce, teknologi finansial dan pembayaran digital.

“Termasuk di dalamnya BI menginisiasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang telah diimplementasikan di berbagai sektor,” katanya.

Berbagai hal tersebut membuka peluang bagi UMKM di Sumut untuk dapat berperan besar di pasar domestik maupun menembus pasar global.

Ia menuturkan, tahun ini UMKM yang berpartisipasi pada KKSU meningkat, yang tentunya melewati proses kurasi.

Ada sekitar 350 lebih UMKM (online dan offline) yang berhasil lolos kurasi, dimana naik jumlahnya dibanding tahun lalu yakni 230 UMKM.

Minat perbankan untuk menyalurkan pembiayaan kepada UMKM pun meningkat.

Di kegiatan ini saja, ada sebanyak Rp30 miliar komitmen pembiayaan yang disalurkan oleh enam bank yang ikut dalam gelaran ini.

“Kita harap tahun ini capaian penjualan di KKSU ini bisa lebih besar dari tahun lalu (Rp5,24 miliar), setidaknya bisa naik 50 persen,” tandasnya.

Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono mengatakan, tema yang diangkat pada KKSU kali ini  bagus dan merupakan momentum tepat untuk mempromosikan produk unggulan dari UMKM Sumut, khususnya kopi.  Terlebih, kopi asal Sumut sudah sangat dikenal terutama di luar negeri.

Menurutnya hal ini saat yang tepat mendorong sumber pertumbuhan  ekonomi baru seperti kopi dan kain tenun.

Harapannya seperti kopi dan tenun bisa dibawa ke kancah internasional, contohnya tenun bisa dibawa ke Paris Fashion Week. Tapi memang, kuncinya adalah pendampingan end to end.

Sementara, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah mengapresiasi kegiatan tersebut.

Pemprov Sumut, imbuhnya, siap mendukung dan melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM terutama pelaku UMKM di sektor kopi agar terus meningkatkan kualitas produknya sehingga makin banyak UMKM yang bisa Go Ekspor.  (swisma)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *