Pengurus RCI Sumut Dilantik, Siap Memajukan Transportasi dan Industri Pariwisata

waktu baca 4 menit
Rabu, 30 Nov 2022 04:52 0 19 redaksi2

MEDAN – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RENT CAR INDONESIA (RCI) Sumatera Utara (Sumut) siap berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik perbankan, asuransi, organisasi dan industri pariwisata, pelaku UMKM, maupun instansi terkait, dalam mendukung program pemerintah di bidang transportasi, pengembangan destinasi pariwisata, serta penyediaan lapangan kerja.

Hal itu ditegaskan Supriadi Adiguna SE selaku Ketua DPD RCI Sumut yang terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) DPD RCI Sumut 2022 di Hotel Polonia Medan, Selasa (29/11/2022).

Ketua DPD Rent Car Indonesia Sumut, Supriadi Adiguna SE

Ketua DPD Rent Car Indonesia Sumut, Supriadi Adiguna SE.

Musda yang berlangsung sejak pagi hingga malam itu, ditutup dengan pelantikan pengurus DPD RCI Sumut Periode 2022-2025, serta pengurus 6 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) RCI, yakni DPC RCI Medan, Binjai, Langkat, Deli Serdang, Tobasa, Siantar, oleh Ketua Umum DPP RCI, Rescky Noereal Roma SST Par.

“Membangun bisnis transportasi tidak luput dari pariwisata. Karena bisnis transportasi sejalan dan berbanding lurus dengan pariwisata. Oleh karena itu, di kesempatan ini kami menyampaikan, RCI siap membangun sinergi dengan berbagai pihak, baik dengan pemerintah tingkat kota maupun provinsi, serta asosiasi pariwisata,” ungkap Supriadi Adiguna SE.

Lebih lanjut, Supriadi memaparkan bahwa bukan hal gampang membangun bisnis rental mobil. Masalah kepercayaan serta membangun jaringan, menjadi point penting selain modal usaha.

“Saat Anda bergabung dan merapat ke RCI, itu merupakan satu strategi mendekatkan Anda dengan pasar. Karena dengan bergabung di RCI, target market Anda bukan hanya sebatas Sumut, tapi menjadi perusahaan nasional yang berdomisili di Sumut,” ujar Supriadi mengajak pelaku bisnis transportasi lainnya bergabung dalam wadah RCI.

Selama kehidupan masih ada, tambahnya, bisnis transportasi akan terus berkembang sesuai jaman, dan selanjutnya tergantung bagaimana mengelola bisnis tersebut.

“DPD RCI Sumut berkomitmen mendukung pengembangan pariwisata dan berkontribusi untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Dalam hal ini kami juga sudah mendiskusikan berbagai program dengan Dinas Perhubungan Provinsi Sumut serta Organda, termasuk soal sertifikasi untuk supir,” paparnya.

Ketua DPD Rent Car Indonesia Sumut, Supriadi Adiguna SE.

Ketua DPD Rent Car Indonesia Sumut, Supriadi Adiguna SE.

Bisnis transportasi, tidak semata soal mobil bagus, namun juga terkait service excelent. Itu sebabnya, RCI berkomitmen melakukan sertifikasi terhadap supir, agar memiliki SDM dan kompetensi.

“Seberapa mahal dan bagus mobil Anda, jika tidak bisa memberikan pelayanan yang terbaik, maka semuanya akan sia-sia. Karena di bisnis rental mobil, semua komplit sepaket. Di RCI, supir akan disertifikasi sehingga bisa memberi pelayanan yang prima, bisa memberi service excelent kepada tamu yang berdatangan ke Sumut,” terangnya.

Supriadi meyakini, apa yang dilakukan RCI akan mendukung upaya penyampaian informasi lebih baik terkait pariwisata di Sumut. Karena melalui supir yang bersertifikasi tadi, akan membangun citra positif pariwisata, baik bagi tamu domestik maupun mancanegara.

“RCI akan menjadi wadah edukasi bagi pemain rental mobil yang ada di Sumut. Dan bagi supir yang ingin mencari pekerjaan, juga bisa menjadi wadah di dalam asosiasi ini,” jelasnya.

Sesuai visi dan misi, sambung Supriadi, RCI juga akan berkontribusi memajukan ekonomi UMKM, khususnya terkait jajanan dan oleh-oleh khas lokal.

“Malam ini, pengurus DPD RCI Sumut dilantik bersama 6 DPC. Di tahun 2022, RCI Sumut berupaya mencapai target pembentukan 11 DPC, atau setara dengan 2/3 dari 33 kabupaten/kota di Sumut,” tutup Supriadi, yang juga owner PT Adiguna Majujaya.

Ketua DPP Rent Car Indonesia, Rescky Noereal Roma SST Par.

Ketua DPP Rent Car Indonesia, Rescky Noereal Roma SST Par.

Sementara itu, Ketua Umum DPP RCI Rescky Noereal Roma SST Par, usai pelantikan menjelaskan bahwa RCI berdiri tahun 2016 dan saat ini sudah memiliki 29 DPD di berbagai daerah Indonesia.

“Rent Car Indonesia hadir untuk memajukan transportasi Indonesia, memberikan pelayanan terbaik bagi tamu-tamu, baik domestik maupun mancanegara. Sekaligus mewadahi para pengusaha rental mobil untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Rescky.

Adapun pengurus terpilih dan dilantik, yakni pengurus DPD Rent Car Indonesia (RCI) Sumut Periode 2022-2025, Ketua Supriadi Adiguna SE, Wakil Ketua I Ghafar Iriansyah, Wakil Ketua II Evan Effrain SM, Wakil Ketua III Muhammad Fandi, Sekretaris Ahmad Thohari dan Bendahara Tri Wahyudi.

Pengurus DPC RCI Medan, Ketua Heri Andrianto, Sekretaris Ferry Aswan, Bendahara Ahmad Yusuf Lubis. Pengurus DPC RCI Binjai, Ketua Eka Dermawan, Sekretaris Noki Afrianto.

Pengurus DPC RCI Langkat, Ketua Lesmana Indra Gunawan, Sekretaris Joni Sugiarto. Pengurus DPC RCI Deliserdang, Ketua Johan Siahaan, Sekretaris Aulia

Pengurus DPC RCI Tobasa, Ketua Jakson Napitupulu, Sekretaris David R Siahaan. Dan pengurus DPC Siantar, Ketua Indra Saragih dengan Sekretaris Eryjon Simatupang. (Red)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *