Sabtu, 15 Jun 2024

Suwarno Dampingi KKP Gelar Pengawasan, Kesegaran Ikan di Pasar Telah Penuhi Persyaratan

waktu baca 2 menit
Sabtu, 9 Mar 2024 01:56 0 16 redaksi2

MEDAN – Kesegaran dan kehigienisan ikan di Pasar Petisah dinilai telah penuhi persyaratan. Pengawasan ini bagian dari membuat masyarakat nyaman dalam menjalankan ibadah Ramadan 1445 H.

Hal ini terungkap ketika tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Statisun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Medan II mengadakan pengecekan ke Pasar Petisah, Kamis (7/2/2024).

Dirut PUD Pasar Medan Suwarno didampingi Kepala Pasar Petisah II Bananda Suandi, turut mendampingi pengawasan tersebut.

Perdana Ginting selaku Ketua Tim Pokja tersebut menuturkan kegiatan ini merupakan pelaksanaan pengawasan ikan pasar domestik semester I. Diharapkan dari pengawasan ini dapat menjamin mutu hasil perikanan yang dipasarkan secara domestik.

Pada kegiatan tersebut, lanjut Perdana, pihaknya mengambil sampel dari lima ekor ikan. Tak hanya itu, pihaknya juga menilai dari segi sarana dan prasarana yang ada di los ikan Pasar Petisah.

Menurutnya, dari penilaian sarana prasarana di Psar Petisah cukup higienis. Sanitasi dan kesegaran ikan memenuhi persyaratan.

“Kalau kita lihat secara organ oleptik, ikan-ikan layak dan memenuhi persyaratan. Najun secara mikro, masih menunggu hasil laboratorium,” ungkap Perdana.

Sementara itu Dirut PUD Pasar Medan Suwarno menjelaskan kegiatan ini merupakan penerapan dari kolaborasi PUD Pasar Medan untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat. Terutama saat ini menjelang masuknya Ramadan 1445 H. Suwarno berharap kegiatan ini juga bisa menjadi sarana edukasi bagi pedagang, supaya menjaga kesegaran ikan yang dijual. (Red)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *