Hadapi IR 4.0, UMSU dan UNIMAP Kolaborasi Visiting Lecture

waktu baca 2 menit
Sabtu, 16 Des 2023 14:06 0 35 redaksi2

MEDAN-Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Universitas Maysia Perlis (UNIMAP) kolaborasi menggelar kuliah umum “Visiting Lecture” pada Selasa (5/12/2023) di Auditorium UMSU Jalan Muchtar Basri Medan.

Menghadirkan dua pemateri dari Senior Lecture UNIMAP  Prof. Ir. Ts. Dr. R Badlishah Ahmad dan Prof. Ir. Dr. Anuar Mat Safar.

Kedua pemateri turut didampingi oleh rombongan Universitas Sains Malaysia (USM) dan Universitas Islam Malaysia (UIM) serta dihadiri ratusan mahasiswa UMSU.

Kuliah umum dibuka langsung oleh Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP diwakilkan oleh WR III Dr. Rudianto, M.Si.

Pada sambutannya dia menyampikan bahwa kegiatan ini digelar atas terjalinnya kerjasama UMSU, UNIMAP, USM, UIM yang berlangsung sejak lama.

“Ini suatu kesempatan menarik dan penting dimana kolaborasi UMSU dengan kampus di luar negeri. Hal ini memperkuat bagaimana kita bisa menjadi bagian dari komunitas global,” kata Dr. Rudianto.

Dia juga berharap kegiatan ini dapat memperat kerjasama Internasional dan terus implementasinya terus betlanjut.

Kedua pemateri berasal dari Senior Lecture UNIMAP, memaparkan topik relevan dengan industri 4.0 saat ini.

Materi pertama disampaikan oleh Prof. Ir. Ts. Dr. R. Badlishah Ahmad dengan judul “Industry Revolution (IR) 4.0 : Opportunities and Challenges for Universities”

Prof. Badlishah mengajarkan dampak dari Industry Revolution 4.0 bagi perguruan tinggi.

Dia memyampaikan bahwa IR 40 merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan era transformasi industri yang cepat dan disruptif melalui penerapan teknologi baru, seperti kecerdasan buatan, data besar, komputasi awan, internet of things, robotika, dan lainnya.

Terakhir, Prof. Ir. Dr. Anuar Mat Safar menyampaikan materi terkait “Digital Transformation Readiness: Perspectives on Higher Education Institutions”.

“Apakah kita siap dan mempersiapkan untuk menjadi universitas yang bertransformasi digital? Karena kebanyakan universitas di dunia ini mengklaim smart dan digital university, tapi suda benarkah?” tanya Prof. Anuar membuka materinya.

Dia juga berbagi pengalaman bahwa saat ini segalanya sudah digital dan online sehingga dibutuhkan transformasi untuk seluruh universitas

Kuliah umum ini juga diselenggarakan di seluruh Fakultas UMSU seperti FAI, FEB, FIKTI, FATEK, FKIP, FAPERTA dan FISIP.

Turut hadir Para Wakil Rektor, Pimpinan Fakultas dan Program Studi UMSU serta rombongan dari UNIMAP, UMS dan UIM. ( swisma)