Selasa, 23 Apr 2024

Menuju Kampus Unggul, Rektor UINSU Harapkan Dukungan Media

waktu baca 3 menit
Kamis, 4 Apr 2024 11:26 0 9 redaksi2

MEDAN-Menuju Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) kategori unggul pada 2024., Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan terus melakukan berbagai pembenahan.

“Kita targetkan tahun ini seluruh fakultas di UINSU berakreditasi unggul di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT),” kata Rektor UIN Sumut, Prof Dr Hj Nurhayati MAg

Pada temu pers dan silaturahmi bersama mitra media UINSU, Rabu (3/4/2024) di Hotel Madani Medan, dia menyatakan kesiapannya menuju kampus terbaik dan Unggul.

Hadir dalam silaturahmi dan berbuka puasa bersama itu, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) Drs H Ibnu Sa’dan, MPd, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Prof Dr H Katimin, MA, Kepala Bidang Kerjasama UINSU Subhan, Kepala Sub Koordinasi Humas UIN SU Dra Yunni Salma Nasution MA.

Rektor menjelaskan, saat ini secara institusi UINSU telah terakreditasi Baik Sekali atau “B” berdasarkan keputusan BAN-PT.

Ada delapan fakultas di UINSU, yakni Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Ushuluddin dan Studi Islam, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Syariah dan Hukum, Ilmu Sosial, Tarbiyah dan Keguruan, Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Sains dan Teknologi.

“Saat ini, katanya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terakreditasi Unggul, menyusul Prodi Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab pada Fakultas Tarbiyah. Begitu juga Fakultas Sains dan Teknologi terakreditasi Baik Sekali.

Menurutnya, tahun ini semua Fakultas dan Prodi akan ditarget terakreditasi Baik Sekali.

“Tentu pencapaian ini butuh kerja sama dari semua pihak, terutama peran media ikut memberikan andil besar,” sebutnya.

Peran media, katanya sangatlah penting dalam mewujudkan UINSU sebagai perguruan tinggi terbaik dan unggul.  Sebab melalui pemberitaan di media massa akan memberikan pengaruh baik maupun buruk.

“Karena itu, sampaikanlah berita yang berdampak baik bagi UINSU ke tengah masyarakat,” harap istri Alm. Prof Dr NA Fadhil Lubis MA (mantan Rektor UINSU) ini.

Prof Nurhayati meningingkan, pemberitaan yang disampaikan media terkait UINSU hendaknya memberikan nilai positif bagi kemajuan universitas yang sedang terus berbenah.

“Saya akui tanpa peran media apa yang capai UINSU tidak ada artinya. Sebab itu sampaikan berita-berita yang menggembirakan kepada masyarakat. Jika ada hal yang butuh dikonfirmasi seluruh jajaran pimpinan UINSU sangat terbuka,” ujar Prof Nurhayati.

Kepala Biro AAKK UINSU Drs Ibnu Sa’dan MPd, menyampaikan apresiasi kepada mintra media unit UINSU yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

Dia berharap Kllemitraan ini  akan semakin baik dan terbinanya hubungan silaturahmi yang kuat.

Ibnu Sa’dan juga menyampaikan, berita-berita yang ada di web UINSU  bisa dijadikan bahan pemberitaan para mitra media.

“Jika butuh penajaman atau kelengkapan data, kami siap untuk memberikannya. Silakan komunikasi melalui Humas,” ujar kandidat doktor pada Ilmu Komunikasi Penyiaran Islam ini.

Mewakili mitra media UIN Sumut, Sugiatmo menyampaikan ucapan terimakasih atas acara yang digelar ini.

Sugiatmo yang juga Wakil Ketua PWI Sumut mengatakan, peran media adalah sebagai kontrol sosial.

Disebutnya, tugas jurnalis adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat, dengan berita yang benar, berimbang dan tidak fitnah. Karena wartawan dibekali Kode Etik Jurnalistik dalam melakukan  liputan.

Sugiatmo menegaskan, mitra media UINSU mendukung program-program universitas untuk menjadikan perguruan tinggi ini sebagai kampus terbaik dan unggul. Karenanya dibutuhkan hubungan baik dan keterbukaan informasi dari pihak UINSU itu sendiri.

“Mudah-mudahan apa yang dicita-citakan rektor untuk menjadikan UIN Sumut sebagai perguruan tinggi terbaik dan unggul terwujud,” ucap Sugiatmo.

Dia juga menyampaikan permohonan maaf jika selama ini ada berita-berita yang menyebabkan ketidaknyamanan para petinggi di UINSU. ( swisma)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *