OIF UMSU Lakukan MoA Internasional di Malaysia

waktu baca 2 menit
Rabu, 10 Jan 2024 06:32 0 16 redaksi2

MEDAN -Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU) menggelar OIF Worldwide-2. Kegiatan ini merupakan internasionalisasi yang dilaksanakan tim OIF UMSU di Malaysia.

Kegiatan berlangsung pada 16 – 18 Desember 2023 lalu itu dilakukan dengan berbagai rangkaian acara, mulai kunjungan ke Petrosains hingga melakukan Memorandum of Agreement (MoA) dua lembaga di Melaka Malaysia, yaitu Persatuan Falak Syarie Negeri Melaka (PFSNM) dan Balai Cerap Ulul Albab Observatory.

Sebelum penandatanganan MoA antara OIF UMSU dengan PFSNM dan Balai Cerap Ulul Albab Observatory, dilakukan pemaparan materi oleh Direktur Balai Cerap Ulul Albab yaitu Dr. Kassim Bahali. Ia memaparkan profil tentang Balai Cerap Ulul Albab.

Pemaparan selanjutnya disampaikan Kepala OIF UMSU DrArwin Juli Rakhmadi Butar-Butar MA. Ia memaparkan visi misi OIF UMSU, peluang kolaborasi Internasional dan lainnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoA, dan pertukaran suvenir seperti sertifikat, buku, dan sebagainya.

Dr Kassim Bahali berharap OIF UMSU, PFSNM dan Balai Cerap Ulul Albab nantinya dapat menjalin kerja sama dalam bidang Ilmu Falak di Malaysia dan Indonesia.

“Semoga OIF UMSU, PFSNM, dan Balai Cerap Ulul Albab dapat menggerakkan langkah ke depan untuk menjalin kerja sama dalam bidang Ilmu Falak di Malaysia dan Indonesia,” kata Dr Kassim.

Selain melakukan MoA dengan dua lembaga tersebut, Tim OIF UMSU juga melakukan kunjungan ke Petrosains, Kuala Lumpur, Malaysia.

Tujuan kunjungan untuk mencari gagasan dan inovasi dalam menjalankan dan membangun OIF saat ini, maupun di masa yang akan datang.

Seperti diketahui, OIF UMSU sudah menjadi eduwisata masyarakat kota Medan, bahkan di Pulau Sumatera.

Tim OIF UMSU beranggapan sangat penting melakukan kunjungan ke negeri jiran tersebut, karena dapat membantu tim OIF UMSU untuk mendapatkan ide-ide serta inspirasi terkait ilmu astronomi dan teknologi yang terbaru. (swisma)

 

 

 

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *