Jumat, 24 Mei 2024

Rektor UMSU dan Pangdam I/ BB Tandatangani MoA

waktu baca 3 menit
Sabtu, 29 Jul 2023 12:09 0 22 redaksi2

MEDAN-Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ( UMSU) sepakat menjalin kerjasama dengan Kodam I Bukit Barisan dibidang pendidikan; pelatihan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Penandatanganan naskah kerjasama (MoA) dilakukan langsung oleh Rektor UMSU, Prof.Dr.Agussani, MAP dan Panglima Kodam I BB, Mayjen TNI Achmad Dahniel Chardin di Kampus Jl. Kapten M Basri, Medan, Kamis (13/7/2023).

Penandatanganan MoA dirangkai dengan kuliah umum wawasan kebangsaan oleh Panglima Kodam I BB, Mayjen TNI Achmad Dahniel Chardin.

Acara dihadiri ratusan mahasiswa yang juga  turut dihadiri Ketua BPH, Dr. Bahril Datuk, MSi, WR III, Dr. Rudianto, MSi, dekan fakultas se UMSU, tokoh agama, KH. Amiruddin, MSi, KH.Zulfikar Hajar, Edo Ritonga, S.Sos.

Mayjen TNI Achmad Dahniel Chardin sebelum memberikan kuliah imum, mengungkapkan, atas nama Pangdam I/BB dan pribadi dirinya mengucapkan terimakasih, apresiasi dan penghargaan yang tulus atas terselenggaranya perjanjian kerjasama antara UMSU dengan Kodam I/BB.

“Semoga MoU ini menjadi ajang silaturahim diantara kita ke depan. Kegiatan ini merupakan landasan kerjasama antara Kodam I/BB dengan UMSU yang berisi tentang wawasan, pendidikan, pelatihan sumber daya manusia, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Daniel.

Penandatangan MoU ini katanya juga bertujuan untuk mewujudkan sinergitas melalui upaya pembinaan hubungan kerjasama yang baik, serta meningkatkan pembinaan sikap dan mental mahasiswa UMSU dalam peran dan tanggungjawab terkait Tridarma perguruan Tinggi.

SRektor UMSU, Prof Dr Agussani MAP menjelaskan penandatanganan UMSU dengan Kodam I/BB sebenarnya adalah program yang sudah lama direncanakan.

“Meskipun MoU baru hari ini bisa terlaksana, namun sesungguhnya hubungan kerjasama antara UMSU dan Kodam I/BB selama ini senantiasa berjalan baik, dan banyak program yang sudah kita bangun dan jalankan,” ujar prof Agussani.

Rektor memaparkan tentang sejumlah kegiatan kolaborasi UMSU dan TNI antara lain, kuliah umum wawasan kebangsaan pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru yang diantaranya diisi  Pangkostrad, Letjend TNI, Edy Ramayadi pada 2016,

Kemudian Pangdam I/BB, Mayjen.TNI, Cucu Sumantri di 2017. Kuliah Umum oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, SIP ( 2019).

UMSU juga menjadi tuan rumah pembekalan bela negara Pertukaran Mahasiswa Merdeka Program Kesadaran Bela Negara.

Alumni UMSU juga cukup banyak yang berkiprah dan meniti karir di TNI diantaranya, Mayjen.TNI, Ahmad Rizal, Ramdani, S.Sos, SH, M Han, Kolonel Abdi Wirawan serta sejumlah alumni fakultas kedokteran yang juga berkarir di TNI.

“Karena itu, kami sangat berterimakasih, di selabkesibukan Pangdam masih menyempatkan hadir di UMSU dalam mempererat hubungan silaturahim dan kerjasama yang selama ini sudah terbina dengan baik,” katanya.

Dia berharap, Pangdam I/BB nantinya akan memberikan butir-butir mutiara, sebagai pencerahan kepada mahasiswa UMSU sebagai generasi penerus bangsa dalam bentuk Kuliah Umum.

“Tentunya ini akan kita manfaatkan sebaik-baiknya,” imbuhnya. ( swisma)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *