Selasa, 18 Jun 2024

Gunakan Aplikasi SOT, Polda Sumut Pantau Kamtibmas Tahun Baru 2024

waktu baca 2 menit
Rabu, 3 Jan 2024 14:59 0 25 redaksi2

MEDAN – Melalui Posko Operasi Lilin Toba, Polda Sumut terus memantau situasi Kamtibmas pada libur Tahun Baru 2024 dengan menggunakan aplikasi Sistem Operasional Terpadu (SOT) dalam mengendalikan keamanan wilayah.

Dengan cara ini, Polda Sumut terus memanfaatkan digitalisasi dalam layanan kepolisian dalam mewujudkan pemeliharaan Kamtibmas yang kondusif

Dari pemantauan menggunakan aplikasi SOT, data jumlah gangguan Kamtibmas yang terjadi pada 1 Januari 2024 sebanyak 50 kejadian mengalami penurunan pada 2 Januari 2024 sebanyak 30 kejadian atau 40,00 persen.

Aplikasi SOT juga memantau situasi Kamseltibcar Lantas di berbagai objek wisata. Dari pantauan pada Pukul 09.48 WIB melalui Google Maps terjadi kepadatan di wilayah Polres Taput sepanjang 1,2 km tepatnya di Jalan SM Raja 2, Siborong-Borong.

Kapolda Sumut melalui Kabid Humas Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, penyebab terjadinya kepadatan arus lalu lintas karena adanya pekan Siborong-borong.

“Melalui Aplikasi SOT kita bisa antisipasi dengan menempatkan 15 personil untuk melakukan pengaturan dan pengamanan,” kata Hadi, Selasa (2/1/2024).

Pantauan lain juga terlihat kepadatan di wilayah Polres Humbahas sepanjang 800 meter, tepatnya di Jalan Sisingamangaraja, Polres Toba sepanjang 1,6 km di Jalan Siborong Borong, Polres Simalungun sepanjang 1,3 km Jalan Siborong Borong-Parapat.

Pantauan Google Map pada pukul 11.07 WIB juga terjadi kepadatan di wilayah Polres Siantar sepanjang 570 m tepatnya di Simpang dua Siantar, Jalan Lintas Sumatera, demikian kepadatan juga terlihat di wilayah Polres Tanah Karo sepanjang 748 m tepatnya di Wajik Peceren.

“Dari sejumlah ruas Jalan Lintas Sumatera yang terpantau terjadinya kepadatan volume kendaraan, dengan menggunakan aplikasi SOT kita dapat dengan cepat mengatasi dan mengurai titik kepadatan kendaraan,” jelasnya. (Red)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *