Jasa Raharja dan Korlantas Polri Gelar Monev Data Laka Lantas 2024 di Wilayah Hukum Polda Sumut

waktu baca 3 menit
Selasa, 6 Feb 2024 17:31 0 30 redaksi2

MEDAN – Jasa Raharja dan Korlantas Polri menggelar monitoring dan evaluasi (Monev) data kecelakaan lalu lintas tahun 2024 di wilayah Polda Sumatera Utara Senin, (05/02).

Bertempat di aula lantai empat Kantor Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara, kegiatan dihadiri oleh Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Raden Slamet Santoso, Direktur Operasional Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana, Dirlantas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Muji Ediyanto, Kepala Divisi Pelayanan Jasa Raharja, Hervanka Tri Dianto, Kasubdit Laka Korlantas Polri, Kombes Pol C.F Hotman Sirait, Kepala Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara, Mulyadi, para pejabat utama di lingkungan Ditlantas, Kasatlantas, Kanit Laka dan admin di Wilayah Polda Sumatera Utara.

Kegiatan diawali dengan sambutan Dirlantas Polda Sumut, Kombes Pol Muji Ediyanto yang menyampaikan agar Ditlantas Polda Sumut dan Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara, khususnya semakin bersinergi dalam hal menyajikan data kecelakaan lalu lintas dan penanganan kecelakaan lalu lintas untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Sementara itu, Direktur Operasional Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dirgakkum Korlantas Polri beserta jajaran atas kerja sama yang telah terjalin selama ini, khususnya dalam hal pengentrian data kecelakaan lalu lintas pada IRSMS. “Komitmen pelayanan Jasa Raharja dapat tercapai tak lepas karena integrasi IRSMS yang sudah dilakukan,” ujar Dewi.

Jasa Raharja terus berkomitmen dan berupaya melakukan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan kecelakaan lalu lintas dengan fokus socio engineering. “Keselamatan berlalu lintas adalah segalanya, karena apabila korban kecelakaan lalu lintas adalah tulang punggung keluarga, maka akan berdampak pada sosial ekonomi masyarakat dan kestabilan ekonomi keluarga,” tambah Dewi.

Lebih lanjut Dewi menyampaikan terkait peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Jasa Raharja telah melakukan stardarisasi cidera dalam hal penanganan biaya perawatan dengan rumah sakit di seluruh Indonesia.

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Raden Slamet Santoso mengucapkan apresiasi atas kolaborasi dan kerja sama yang terjalin dengan Jasa Raharja. Dalam sambutannya Brigjend. Pol. Raden Slamet sekaligus menyampaikan upaya-upaya penanganan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka menurunkan fatalitas korban laka lantas, kecelakaan lalu lintas dan kemacetan lalu lintas. “Target di tahun 2024 adalah untuk meningkatkan budaya tertib hukum dan patuh hukum terhadap masyarakat.”

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan Kepala Divisi Pelayanan Jasa Raharja, Hervanka Tri Dianto yang menyampaikan evaluasi penyerahan santunan Cabang Sumatera Utara. Disampaikan lebih lanjut mengenai upaya dan strategi Jasa Raharja terkait pencegahan kecelakaan lalu lintas, salah satunya pembuatan buku panduan terkait 10 Cabang PT Jasa Raharja yang memberikan pareto santunan terbesar. Dalam hal penyusunan buku tersebut melibatkan beberapa pihak antara lain Korlantas, KNKT, Akademisi, Kasubdit Gakkum, Kasubdit Kamsel serta 10 Polda di wilayah cabang tersebut. Nantinya buku tersebut akan menjadi panduan dalam melakukan Forum Keselamatan Lalu Lintas sehingga dapat diketahui upaya-upaya keselamatan berlalu lintas yang sudah dilakukan stakeholder.

Pemaparan dari Kasubdit Laka Korlantas Polri Kombes Pol C.F Hotman Sirait menyampaikan data kecelakaan, beberapa hal teknis terkait pelaporan data kecelakaan, strategi pencegahan kecelakaan dan upaya-upaya yang dilakukan dalam permasalahan kecelakaan lalu lintas.

Adanya kegiatan kolaborasi antara Jasa Raharja dengan Kepolisian diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam penanganan permasalahan kecelakaan lalu lintas ke depannya. (Red)