Kesbangpol Sumut Sosialisasikan UU Terkait Ormas Di Padang Lawas

waktu baca 3 menit
Selasa, 9 Jul 2024 17:17 0 5 redaksi2

PADANG LAWAS – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) merupakan salah satu wadah partisipasi masyarakat dalam pembangunan, sekaligus merupakan elemen masyarakat yang berfungsi sebagai alat kontrol dalam mengawasi pelaksanaan pembangunan terutama di Kabupaten Padang Lawas umumnya Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

Menyikapi pentingnya fungsi ormas sebagai alat kontrol dalam mengawasi setiap pelaksanaan pembangunan di daerah khususnya di Kabupaten Padang Lawas, Dalam hal Ini Pemerintah Daerah Provsu melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provsu bekerjasama dengan Kesbangpol Kabupaten Padang Lawas menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi tentang Ormas, Senin (8/7/24) bertempat di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan.

Kepala Badan Kesbangpol Ir.Ardan Noor Hasibuan MM melalui Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, Agama dan Ormas, Harry SSTP, MSc mengatakan, sosialisasi ini penting dilakukan untuk meningkatkan peran serta ormas dalam mewujudkan pembangunan di daerah. Namun tentunya ini dibutuhkan peran aktif dari ormas setempat. Karena mereka merupakan elemen masyarakat yang berfungsi sebagai alat kontrol dalam mengawasi pelaksanaan pembangunan.

“Maka masyarakat yang tergabung dalam lembaga ormas juga berhak memastikan bahwa pelaksanaan pembangunan itu benar-benar sesuai dengan aturan, mekanisme dan prosedur serta tepat sasaran dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di daerah. Sebab pemantauan merupakan hak setiap warga negara maka tidak dibenarkan dan tidak diperbolehkan siapapun menghalangi proses pemantuan oleh masyarakat tersebut,” terang Ary.

Selain itu, lanjutnya, peran sosial ormas dalam pengawasan pembangunan hendaklah dilaksanakan dengan asas keterbukaan (transparansi), kepercayaan (trust), akuntabilitas, pengawasan (social control), dan harmonisasi.

“Sebagai sebuah lembaga yang berada di tengah-tengah antara pemerintah di satu sisi dan masyarakat di sisi lainnya, ormas harus mampu menjadi lidah penyambung antara dua sisi tersebut demi kemajuan dan pemerataan dalam pembangunan seperti yang diharapkan bersama,” sambung Ary.

Sementara itu, Pj Bupati Padang Lawas Ir.Ardan Noor Hasibua MM melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra H.Panguhum Nasution S.Sos MAP menyampaikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan yang digagas oleh Badan Kesbangpol Provsu tersebut. .

“Terima kasih juga untuk Panitia penyelenggara dari Kesbangpol Padang Lawas yang telah ikut serta dalam menyelenggarakan kegiatan ini melalui Badan Kesbangpol Provsu, dengan adanya kegiatan ini seluruh ormas di Padang Lawas merasa diperhatikan dan diayomi,” tutur Panguhum.

“Kiranya kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses dan mendapatkan wadah informasi serta komunikasi untuk tujuan kebaikan masyarakat Padang Lawas umumnya Provinsi Sumatera Utara yang kita cintai,” pungkas pria yang juga sebagai Ketua Ikatan Keluarga Nasution (IKANAS) Padang Lawas ini mengakhiri sambutannya.”

Turut hadir Narasumber, Hj.Ningtiasih dari Komisioner Bawaslu, dengan membawa materi Mengawal Demokrasi melalui Ormas dalam pelaksanaan Pilkada, ada juga Ananda Mardin Harahap dari komisioner KPU membawa materi Peran Ormas meningkatkan Partisipasi masyarakat di Pilkada serentak.

Terakhir dilaksanakan sesi tanya jawab antara peserta dan narasumber kegiatan.(MS)