Medan Johor Dinobatkan Kecamatan Terbaik I Tingkat Sumut

waktu baca 3 menit
Kamis, 13 Jun 2024 21:54 0 15 redaksi2

MEDAN – Melalui sejumlah inovasi yang dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Kecamatan Medan Johor dinobatkan sebagai Kecamatan Terbaik I Tingkat Provinsi Sumut Kategori Kota Tahun 2023. Atas keberhasilan tersebut, Pj Gubernur Sumut Hassanudin bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut kepada Chandra Dalimunthe yang saat penilaian dilakukan masih menjabat sebagai Camat Medan Johor.

Penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik ini dilakukan dalam upacara yang digelar di Lapangan Benteng Medan. Selain Sekda Provinsi Sumut Arief Sudarto Trinugroho, unsur Forkopimda Sumut, upacara juga dihadiri Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin, Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu, Pj Sekda Topan Obaja Putra Ginting, Pj Dharma Wanita Persatuan Kota Medan Isabella Topan OP Ginting, pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan serta camat dan lurah se Kota Medan.

Tidak hanya tunggul Kecamatan Terbaik, Kecamatan Medan Johor juga mendapatkan tropi, piagam serta uang pembinaan dari Pemerintah Provinsi Sumut atas keberhasilannya menjadi juara pertama Kecamatan Terbaik Provinsi Sumut Kategori Kota Tahun 2023.

Dalam sambutannya, Bobby Nasution menyampaikan rasa bangga dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Kecamatan Medan Johor atas keberhasilannya meraih penghargaan sebagai Kecamatan Terbaik tingkat Provinsi Sumut kategori Kota Tahun 2023. Keberhasilan ini, imbuhnya, sebagai bukti nyata dari kerja keras, dedikasi dan komitmen yang telah ditunjukkan oleh seluruh aparat kecamatan dan masyarakatnya.

“Pencapaian ini tentu bukanlah sesuatu yang diraih dengan mudah. Butuh proses panjang, kerja keras dan sinergi antara berbagai pihak untuk bisa mencapai titik ini. Untuk itu, mari bersinergi menuju kecamatan yang maju. Inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penerapan sistem digital untuk pengurusan administrasi yang membuat proses menjadi lebih cepat, efisien dan transparan,” kata Bobby Nasution.

Disamping itu, kata Bobby Nasution, Pemko Medan juga telah bersinergi untuk kecamatan yang maju seperti membangun infrastruktur berkelanjutan dengan memperbaiki jalan, jembatan dan fasilitas umum lainnya. Kemudian, lanjutnya, mengembangkan berbagai program pemberdayaan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga, partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam mendukung setiap program yang dijalankan oleh pemerintah kecamatan.

Selanjutnya, menantu Presiden Joko Widodo ini mengajak seluruh camat dan jajarannya untuk terus berinovasi, meningkatkan kualitas pelayanan dan bekerja keras demi kesejahteraan masyarakat serta menjaga semangat kebersamaan dan gotong royong dalam setiap langkah yang diambil dengan terus bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang besar.

“Saya juga mengingatkan pentingnya adaptasi dan inovasi di era digital ini dengan terus belajar serta berinovasi sehingga memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumut Hassanudin mengatakan, penilaian kecamatan yang dilakukan setiap tahun ini guna mendorong kinerja para camat beserta aparatur kecamatan serta pembinaan kader pemimpin pemerintahan masa depan dalam upaya keberhasilan tugas – tugas pemerintahan, tugas pembangunan dan tugas kemasyarakatan.

Disamping itu, ungkap Hassanudin, penilaian kecamatan ini juga merupakan wadah dalam rangka monitoring kinerja para camat serta jajaran dalam menyelenggarakan pemerintahan di kecamatan. Termasuk, menilai sejauh mana peran aktif camat dalam mendukung dan menjalankan program kerja yang telah ditetapkan.

“Hari ini kita dapat melihat penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut kategori Kota tahun 2023 yang telah dievaluasi dan dinilai terbuka oleh tim penilaian kecamatan pada Tingkat Provinsi. Oleh sebab itu, atas nama Pemerintah Provinsi Sumut, saya mengucapkan selamat dan rasa bangga kepada Camat Medan Johor yang telah berhasil meraih kecamatan terbaik peringkat pertama,” ujar Hassanudin.

Oleh karenanya, bilang Hassanudin, camat yang telah menunjukkan prestasinya diberikan sebuah penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas hasil kinerjanya yang membanggakan tersebut. Hassanudin berharap, Penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik tingkat Provinsi Sumut ini dapat mendorong kecamatan lain untuk bekerja lebih baik dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. (Red)