Selasa, 18 Jun 2024

Meryl Saragih Dukung Polda Sumut Prioritaskan Pemberantasan Narkoba

waktu baca 2 menit
Minggu, 24 Sep 2023 10:37 0 26 redaksi2

MEDAN – Komitmen Kapolda Sumatera Utara Irjen Agung Setya Imam Effendi menuntaskan pemberantasan narkoba, diapresiasi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Fraksi PDI-Perjuangan, Meryl Rouli Saragih.

“Kita mendukung penuh langkah Kapolda Sumatera Utara dalam memberantas narkoba yang sebagai program prioritasnya,” kata Meryl, Kamis (21/9/2023).

Meryl mengatakan peredaran Narkoba di Sumut terutama di Medan sudah dalam taraf mengkhawatirkan karena sudah masuk ke seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat bahkan sudah masuk ke ranah keluarga. Tak heran, pemakai dana pelaku peredaran narkoba yang ditangkap sepasang suami-istri.

“Jika demikian maka Indonesia sedang darurat narkoba bukan hanya isapan jempol semata akan tetapi ancaman tersebut nyata adanya. Untuk itu seluruh elemen masyarakat ikut turun tangan dan menjadi pelopor dalam memberantas narkoba,”ujar Meryl yang juga Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut tersebut.

Ketua Bapemperda DPRD Sumatera Utara ini, mengungkapkan selain penanggulan narkoba dilakukan secara komprehensif dan tidak boleh parsial misal hanya dengan melakukan penangkapan kepada pengguna dan pengedar, tetapi juga dengan tindakan prefentiv atau pencegahan terutama dikalangan anak muda dan milenial.

“Anak Muda merupakan kelompok yang rawan menjadi korban penyalahgunaan Narkoba, dan perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Pencegahan harus dilakukan secara masif dan sistemik bukan hanya ceramah dan penyuluhan akan tetapi harus dibarengi dengan memberikan ruang berekspresi bagi anak muda supaya bisa mengembangkan bakat dan kreativitas yang bisa berdampak positif untuk semua orang,” ungkap Meryl yang duduk di komisi A bidang pemerintahan DPRD Sumatera Utara tersebut.

Penggunaan dan peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) di Indonesia semakin memprihatinkan. Sumatera Utara masuk dalam 10 besar provinsi yang jumlah kasus narkoba terbanyak berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN) pada Indonesia Drug Repots 2023.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Agung Setya Imam Effendi, pun berkomitmen akan menuntaskan pemberantasan yang masuk dalam lima program prioritasnya. Di mana Polda Sumut serta polres jajarannya telah melakukan penindadakan terhadap pelaku jaringan narkoba di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Berdasarkan data yang diperoleh pada 19 September 2023, Polda Sumut dan polres jajaran mengungkap 35 kasus tindak pidana narkoba di Sumatera Utara. Dari pengungkapan kasus narkoba itu sebanyak 50 orang diamankan dengan rincian pemakai 8 orang dan pelaku jaringan narkoba sebanyak 42 orang.

Barang bukti yang ikut disita sabu seberat 2,057 kg, 102,96 gram dan pil ektasi 2 butir. Tak hanya itu, uang senilai Rp4.568.000 hasil dari transaksi narkoba juga disita, kendaraan sepeda motor sebanyak 6 unit, handphone 22 unit, timbangan digital 7 unit serta bong alat hisap sabu sebanyak 4 unit. (Red)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *