Persiapan Hampir Rampung, Benny Iskandar: Perayaan HUT Dekranas Ajang Promosi Produk UMKM Lokal

waktu baca 2 menit
Kamis, 11 Mei 2023 10:56 0 29 redaksi2

MEDAN – Perayaan HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-43 dan puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 akan menjadi ajang memperkenalkan produk-produk UMKM Kota Medan.

Puncak kegiatan nasional yang digelar pada 16-21 Mei 2023 ini, akan dihadiri Ibu Negara Republik Indonesia Ny Iriana Joko Widodo, dengan Kota Medan sebagai tuan rumah.

Kegiatan ini, kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan, Benny Iskandar Nasution, akan dimanfaatkan untuk memperkenalkan Kota Medan lebih luas lagi. Khususnya meningkatkan promosi produk-produk unggulan UMKM lokal.

“Pameran UMKM akan menghadirkan 100 stand dekranasda dari seluruh provinsi se Indonesia dan kabupaten / kota se Sumatera Utara,” ujar Benny Iskandar Nasution kepada wartawan di ruang kerjanya, Jalan Gatot Subroto, Medan, Rabu (10/6/2023) siang.

Selain pameran UMKM, juga ada fashion show, talk show dan stand yang menyediakan kuliner-kuliner khas Kota Medan yang akan memeriahkan kegiatan.

“Persiapan sudah hampir rampung, sekitar 90 persen. Dan sebagai kota mulikultural, pada pameran tersebut kita akan tampilkan ornamen khas Batak, Gorga,” bebernya.

Lebih lanjut, Benny mengajak seluruh warga Kota Medan untuk turut serta menyukseskan pagelaran nasional itu.

“Sebagai tuan rumah, kita akan mengupayakan yang terbaik. Mari kita dukung, meriahkan dan sukseskan acara ini. Tunjukkan keramahan kita sebagai tuan rumah. Warga Medan, meski logatnya keras tapi hatinya baik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Walikota Medan Bobby Nasution juga telah menekankan pentingnya pengenalan produk UMKM lokal pada kegiatan itu. Termasuk melalui souvernir yang akan diberikan kepada peserta.

“Pesan saya, untuk cinderamata tolong benar-benar menggunakan produk-produk UMKM kita. Ini jadi ajang untuk memperkenalkan Kota Medan,” pesan Bobby beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, pada bulan Mei ini Kota Medan akan diramaikan berbagai even besar. Karena, selain kegiatan tadi, pada waktu hampir bersamaan, Pemko Medan juga melaksanakan Gelar Melayu Serumpun (Gemes) 2023, yang berlangsung empat hari, 16-19 Mei 2023 mendatang. (Red)