Jumat, 24 Mei 2024

Sepekan Buru Knalpot Blong, Satlantas Polres Labuhanbatu Amankan Puluhan Motor

waktu baca 2 menit
Senin, 31 Jul 2023 12:41 0 17 redaksi2

RANTAUPRAPAT – Satuan Lalulintas Polres Labuhanbatu terus gencar memburu kendaraan bermotor yang memakai knalpot blong dan racing di seputaran Kota Rantauprapat dengan melaksanakan patroli malam secara hunting sistem.

Hasilnya, dalam giat hunting sistem itu sejumlah motor yang kedapatan menggunakan knalpot blong langsung ditindak tanpa diberi ampun.

“Tindakan itu dilakukan untuk membuat efek jera kepada pengendara yang menggunakan knalpot blong yang meresahkan warga karena suara bisingnya,” kata Kapolres Labuhanbatu AKBP James H Hutajulu SIK, melalui Kasat Lantas AKP M Ainul Yaqin SIK didampingi Kasubsi PID M Iptu Arwin SH, Minggu (30/7/2023) malam.

Dijelaskan AKP Ainul, giat patroli malam saat ini memang lebih ditingkatkan, untuk menjaga kondusifitas dan mengantisipasi serta menjaga situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran serta mengantisipasi adanya geng motor.

“Banyak sekali masyarakat terganggu akan suara knalpot blong itu. Selain meresahkan, juga mengganggu istirahat di malam hari. Kegiatan ini akan terus kami laksanakan selama masih ada pengendara menggunakan knalpot blong,” Ungkapnya

Dalam sepekan ini hampir puluhan motor berknalpot blong terjaring oleh Satuan Lalulintas. Motor tersebut terjaring dalam razia hunting sistem yang membidik pengguna knalpot blong dan racing.

Ainul Yaqin menuturkan, patroli yang dilaksanakan di seputaran Kota Rantauprapat dimulai dari Jalan Thamrin, Jalan Skip, Cut Nyak Dien, Abdul Rahman, Jalan Gatot Subroto, Jln Jend Sudirman dan Jln Jend A Yani sampai SBU. Upaya penegakan seperti ini tentunya dapat memberikan rasa aman dan meningkatkan kesadaran pengguna jalan.

“Malam ini kita amanjan 8 unit sepeda motor berknalpot blong dan sejumlah ranmor tanpa plat nomor kendaraan ikut dijaring,” paparnya.

Unit kendaraan yang diamankan, lanjut Kasat, ditempatkan di lapangan SIM Sat Lantas Polres Labuhanbatu. Serta melakukan penindakan dan penyitaan terhadap knalpot blong tersebut.

Saat pengambilan kendaraan yang kena sanksi nantinya, jelas AKP Ainul, para pemilik kendaraan diwajibkan untuk mengganti knalpotnya dengan standar. Dan menghimbau kepada pemilik kendaraan yang menggunakan knalpot blong dan racing, agar menggantikan ke knalpot standar, sebelum diberi disanksi lebih berat lagi.

“Saya menghimbau agar para pengedara kendaraan bermotor untuk mengganti knalpot blong dengan knalpot standar pabrikan,” tutupnya. (heri/red)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *