Selasa, 18 Jun 2024

Siaga Tanggap Bencana 2024, Polres Nias Gelar Apel di Lapangan Mapolres Nias

waktu baca 3 menit
Jumat, 17 Mei 2024 11:15 0 60 redaksi2

GUNUNGSITOLI  – Polres Nias melaksanakan Apel Siaga Tanggap Bencana dalam Rangka Kesiap Siagaan Menghadapi Bencana Alam di Wilayah Hukum Polres Nias, di Halaman Apel Mapolres Nias.

Pada pelaksanaan Apel Siaga Bencana tersebut, bertindak sebagai Pimpinan Apel adalah, Wakapolres Nias Kompol SK. Harefa, S.Pd,MH, Perwira Apel adalah Kasat Pol Airud AKP Alfaret Lase, dan sebagai Komandan Apel adalah Kanit IV Sat Resrkim Ipda Aman P. Harefa

Wakapolres Nias Kompol SK. Harefa, S.Pd.MH Membakan Amanat Kapolres Nias AKBP Revi Nurvelani,SH, S.IK.MH, dalam sambutannya Mengatakan bahwa, Apel ini bertujuan untuk Memastikan Kesiapsiagaan Personel dan peralatan pengamanan, Soliditas Para Pemangku Kepentingan yang dilibatkan, serta Menumbuhkan Ketenangan dan Rasa Aman bagi Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Alam, secara khusus diwilayah Hukum Polres Nias Polda Sumut.

Indonesia merupakan wilayah yang rawan Bencana. Hal tersebut dilatarbelakangi suatu Realitas bahwa Indonesia dikelilingi Tiga Lempeng Tektonik aktif, deretan Gunung Api aktif bagian dari Ring of fire dan Letak Geografis yang dilewati Garis khatulistiwa. Disamping itu kondisi hidrologi Juga sangat berpengaruh terhadap Fenomena alam Yang dapat berujung bencana seperti Angin Putting Beliung, Banjir Bandang dan Longsor.
Kompol SK. Harefa, S.Pd,MH menambahkan, Mengingat kembali Historis Kepulauan Nias Yang pernah mengalami Bencana Tsunami yang merupakan Dampak Tsunami Aceh 2004 dan Gempa Bumi sangat besar dengan kekuatan 8,7 Skala Richter (SR) yang terjadi pada tanggal (28/03/2005) dimana Pada Kejadian tersebut Menyebabkan Jatuhnya Korban Jiwa, dan Kerugian Harta Benda serta Merusak Fasilitas Negara.

Menyikapi hal tersebut, Daerah Kepulauan Nias Yang Geografis wilayahnya dikelilingi oleh Lautan Samudera Hindia dan Kontur Tanah yang berbukit sangat rawan terjadinya Bencana. Menghadapi bencana dibutuhkan sikap, Pemikiran Dan perilaku Tangguh Sehingga dibutuhkan sebuah Proses Internalisasi antara Pengetahuan dan Pengalaman Sehingga diharapkan timbul kesadaran Tidak hanya pada sikap tetapi juga pemikiran dan Perilaku. Apel kesiapsiagaan ini menjadi Elemen Penting sebagai Bentuk Ketangguhan menghadapi Potensi Bencana”Ujar Kompol SK. Harefa, S.Pd,MH mengakhiri Amanat.

Pelaksanaan Apel Siaga Bencana di Polres Nias, Dihadiri oleh Kepala Kantor SAR Nias, Octavianto, SE, Kasdim 0213 Mayor Inf. Charles Hilarius J. Telaumbanua, Walikota Gunungsitoli diwakili oleh Kepala BPBD Adiman Harefa, Bupati Nias diwakili oleh Kepala BPBD Yulianus Zai, Bupati Nias Utara Utara diwakili oleh Kepala BPBD Yasokhi Hulu, Bupati Nias Barat diwakili oleh Kepala BPBD Sihama Gulo, Danki Brimob Nias AKP Budi Setiawan.
Sedangkan Peserta Apel terdiri dari Personil Polres Nias, Personil Kodim 0213/Nias, Personil Kompi 4 Batalyon C, Dishub, Sat Pol PP, Setelah Pelaksanaan Apel di Lanjutkan dengan Pemeriksaan Perlengkapan SIaga Bencana serta Simulasi Pembuatan tenda Darurat oleh Basarnas Nias. (Red)

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *