Siap Sambut Wisatawan Indonesia, Tourism Malaysia Roadshow ke Medan

waktu baca 3 menit
Kamis, 3 Agu 2023 11:58 0 33 redaksi2

MEDAN– Tourism Malaysia bersama Malaysian Association of Travel and Tourism Agents (MATTA) menggelar roadshow ke Indonesia di Hotel JW Marriot Medan, Kamis (3/8/2023)

Kegiatan roadshow ke Indonesia tersebut secara resmi dilakukan di tiga kota besar antara lain Balikpapan  pada 31/07, Jakarta  pada (01/08) dan Medan (03/08).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan promosi produk dan paket pelancongan terkini Malaysia dengan mempertemukan pemain industri pelancongan Malaysia dan Indonesia dalam sesi Business to Business (B2B).

Delegasi Malaysia diketuai Dato’ Dr. Ammar Abd. Ghapar, Direktur Jeneral Tourism Malaysia yang disertai sekitar 30 top agent dari persatuan agent-agent pelancongan dan pengembaraan Malaysia (MATTA).

Turut hadir juga menyertai misi kali ini beberapa wakil dari badan pelancongan negeri termasuk Malaysia My Second Home (MM2H), Homestay, Sepang International Circuit (SIC) dan Batik Air .

Selain sesi B2B, pengisian acara roadshow ke Indonesia juga mengadakan program networking termasuk majlis makan malam yang dihadiri ketua-ketua Asosiasi pariwisata di Sumatera Utara seperti ASITA, ASTINDO, ASPPI dan AMPHURI serta kunjungan hormat dan perbincangan bersama Kepala Dinas Pariwisata kota Medan.

Dato’ Dr. Ammar dalam teks sambutannya yang dibacakan Encik Muhammad Zaki Talib, Timbalan Pengarah Bahagian Promosi Antarabangsa (ASEAN), Tourism Malaysia mengatakan, Indonesia adalah salah  satu pasaran yang penting untuk sektor pelancongan di Malaysia.

Menurutnya hal itu karena kedekatan jarak, budaya serta kapasitas penerbangan antara kedua negara yang dapat terus ditingkatkan lagi.

Pada 2022, Malaysia mencatatkan ketibaan sebanyak 1.481 juta pelancong dari Indonesia. Angka tersebut merupakan yang kedua tertinggi selepas Singapura.

“Kedudukan ini dilihat terus konsisten dengan ketibaan 704,147 pelancong Indonesia yang dicatatkan pada suku pertama tahun ini,” katanya

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Konsul Jeneral Malaysia di Medan Encik Aiyub Omar,

Dia menyatakan betapa pentingnya membangun kembali networking diantara kedua negara setelah pandemi.

Menurutnya ini juga selayaknya menjadi momentum untuk mengenalkan destinasi baru selain Kuala Lumpur dan Penang seperti Perak, Melaka, Perlis yang akan mengadakan Tahun Melawat Negeri.

Selain itu diharapkan kepada para pelaku pariwisata untuk mengeksplorasi berbagai aktivitas wisata lainnya di Malaysia seperti sport tourism, homestay, MM2H dan edu tourism.

Dalam sesi bersama media turut hadir Konsul Jeneral Malaysia di Medan, Encik Aiyub Omar, Encik Rocky Kho Honorary Treasurer Malaysian Association of Tour & Travel (MATTA), Encik Azhan Shafriman Hanif, CEO of Sepang International Circuit (SIC) dan Chan Hon Mun, Tourism Consul/Director Tourism Malaysia Medan.

Seramai lebih dari 60 top agent kota Medan hadir dan berinteraksi dengan pelaku-pelaku pariwisata Malaysia.

Dengan kegiatan ini diharapkan akan tercipta paket-paket wisata menarik yang akan dinikmati masyarakat Indonesia khususnya Medan, Sumatera Utara. ( swisma)