Wali Kota Hadiri Rapat Paripurna Penetapan Rencana Jangka Panjang Daerah Kota Binjai Tahun 2025-2045

waktu baca 2 menit
Rabu, 3 Jul 2024 18:47 0 5 redaksi2

METRO,BINJAI | Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP menyampaikan Penjelasan Umum Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045. Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Binjai, Selasa (2/7/2024).

Dalam arahannya, Wali Kota Binjai menyampaikan bahwa penetapan Rancangan Peraturan Daerah Kota Binjai sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

“Ranperda ini telah melalui tahapan dan mekanisme sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku, yang telah dirumuskan berdasarkan kesepakatan bersama,” ucap Wali Kota.

Ditambahkannya, bahwa penetapan visi dan misi pada RPJPD Kota Binjai Tahun 2025-2045 yakni “Kota Binjai Yang Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan”.

“Dari visi tersebut, adapun misi Kota Binjai yaitu mewujudkan transformasi sosial, mewujudkan transformasi ekonomi, mewujudkan transformasi tata kelola pemerintahan yang inovatif, mewujudkan stabilitas daerah, mewujudkan ketahanan sosial, mewujudkan pembangunan wilayah yang adil, mewujudkan pembangunan sarana dan prasarana yang berkualitas, serta mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Kota Binjai telah merumuskan arah kebijakan dalam periode 5 (lima) tahunan RPJPD yang disertai dengan indikator sasaran pokok yaitu :

1. RPJMD Tahun 2025-2029 dengan arah kebijakan yaitu Penguatan Fondasi Transformasi.
2. RPJMD Tahun 2030-2034 dengan arah kebijakan yaitu Percepatan Transformasi.
3. RPJMD Tahun 2035-2039 dengan arah kebijakan yaitu Peningkatan Daya Saing
4. RPJMD Tahun 2040-2045 dengan arah kebijakan yaitu Perwujudan Kota Binjai Yang Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan.

“Sejalan dengan hal tersebut, saya instruksikan kepada perangkat daerah terkait agar berperan aktif melakukan pengawalan dalam setiap tahapan penyusunan RPJPD Kota Binjai guna mewujudkan pembangunan berkelanjutan Kota Binjai,” tutup Wali Kota.

Turut hadir Wakil Ketua II DPRD Kota Binjai Ir. M. Syarif Sitepu, Kasdim 0203/Lkt Mayor Inf. Abner Bangun, Sekretaris Daerah Kota Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos, perwakilan Polres Binjai, para Staf Ahli dan Asisten Pemko Binjai, para Pimpinan OPD, para Camat dan Lurah se-Kota Binjai, para insan pers dan tamu undangan. ( Avril )

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *