Tanam Pohon Langka, Kapolda Sumut Berpesan Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

waktu baca 3 menit
Jumat, 17 Mei 2024 10:45 0 21 redaksi2

MADINA – Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH., S.IK., M.Si melakukan kunjungan kerja ke Mako Polres Mandailing Natal (Madina), Kamis (16/5/2024).

Kapolda Sumut didampingi Ketua Bhayangkari Sumut Ny. Erni Agung Setya dan Pejabat Utama (PJU) Polda Sumut. Kapolda ke Bumi Gordang Sambilan melalui jalur udara menaiki Helikopter.

Tepat Pukul 13.20 Wib, Kapolda Sumut dan PJU mendarat di Stadion Adam Malik, Desa Sarak Matua, Kecamatan Panyabungan.

Rombangan Kapoldasu disambut meriah oleh Kapolres Madina AKBP Arie Sofandi Paloh SH SIK, Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution, Ketua DPRD Madina H. Erwin Efendi Lubis dan sejumlah pejabat lainnya.

Kapolda Sumut dan rombongan disambut dengan alat musik tradisional Kabupaten Madina yakni Gordang Sambilan. Kapolda berjalan menuju lokasi acara di atas karpet merah serta diiringi tepuk tangan oleh personel.

Rangkaian acara sukses dilaksanakan pada kunjungan kerja Perwira Tinggi Polri itu. Kapolda melakukan penanaman pohon, tabur benih ikan di kolam Pendopo Tantya Sudhirajati Mapolres, pres release penemuan dua lokasi ladang ganja di Madina hingga memberikan pengarahan bagi personel Polri.

Begitu juga dengan Ny. Erni Agung Setya, melakukan kunjungan ke TK Kemala Bhayangkari Cabang Madina di Kecamatan Panyabungan didampingi PJU Polda Sumut dan Ketua Bhayangkari Cabang Madina Ny. Yolanda Arie Sofandi Paloh.

Dalam sesi pemberian kata sambutan, Kapolres Madina AKBP Arie Sofandi Paloh mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Sumut, Ibu Bhayangkari dan PJU di Mapolres Madina.

“Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Jenderal, Kapolda Sumatera Utara beserta Ibu dan rombongan sudah berkenan hadir di Polres Madina ini,” ucap AKBP Arie.

Kapolres Madina melaporkan ke Kapolda bahwa Polres Madina memiliki 358 personel yang terbagi dalam 10 Polsek, 23 Kecamatan dan memiliki lingkup tugas yang begitu luas.

“Namun demikian kami menikmati berdinas di sini untuk menjaga keamanan dan ketertiban Kabupaten Madina,” ujarnya.

Di sisi lain, Kapolres Madina mengaku berbangga diri atas hadirnya Kapolda Sumut dan rombongan. Arie mengatakan, benih ikan yang telah ditaburi, sebelumnya sudah pernah di panen yang hasilnya dinikmati personel dan masyarakat sekitar.

“Ada juga progam Jum’at Curhat dan Jum’at Berkah kami lakukan untuk dekat dengan masyarakat. Terkadang hasil dari kolam ini kami bawa juga untuk dikonsumsi saat progam itu berjalan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution juga mengaku bangga atas kunjungan Kapolda Sumut.

“Selamat datang di Kabupaten Madina, Bumi Gordang Sambilan, Pak. Kami bangga atas kehadiran Kapolda beserta para PJU di Madina ini,” ucap Atika.

Sementara itu, Kapolda Sumut dalam arahannya menyebut hari ini merupakan hari ketiga dalam melakukan kunjungan kerja dimulai dari Tapanuli Utara.

“Pada kesempatan ini kami (Polda Sumut) juga ingin mengetahui kondisi kamtibmas di Madina bagaimana situasinya,” kata Irjen Agung.

Kapolda Sumut juga memuji program Jum’at Curhat dan Jum’at Berkah yang dilakukan oleh Polres Madina. Kapolda harap dengan program tersebut, masyarakat merasa semakin dekat dan terlindungi oleh Polri.

Di sisi lain, Bintang Dua Polri ini meminta agar pelayanan bagi masyarakat di Polres Madina semakin baik humanis ke depan termasuk pelayanan di SPKT.

“Itu Sentra Pelayanan Kepolisian berada di paling depan. Saya harap Polri dapat melayani masyarakat dengan baik. Masuk dari pintu gerbang dalam kondisi senyum, begitu juga pada saat keluar harus senyum juga. Itu harus bisa kita terapkan,” tegasnya.

Kunjungan kerja Kapolda Sumut, Bayangkari dan PJU berakhir pukul 18.15 Wib. Kapolda bertolak menuju Kota Padangsidimpuan melalui jalur darat, yakni mobil jadul antik miliknya berwarna kuning dengan pengawalan Polisi Lalu LintasLintas beserta rombongan. (Topsumut/Red)