Waka PT Medan Lantik Ketua PN Binjai dan Kisaran

waktu baca 3 menit
Jumat, 23 Des 2022 00:13 0 31 redaksi2

MEDAN-Wakil Ketua (Waka) Pengadilan Tinggi (PT) Medan Dr Herdi Agusten SH M.Hum melantik dua ketua pengadilan negeri (PN) di Sumut. Keduanya yakni Fauzi SH MH dilantik sebagai Ketua PN Binjai dan Halida Rahardini SH M.Hum dilantik sebagai Ketua PN Kisaran.

Sepekan sebelumnya, PT Medan menggelar pelantikan Ketua PN Tebing Tinggi dan Medan. Kali ini Ketua PN Binjai dan Kisaran yang dilantik di gedung PT Medan di Jalan Ngumban Surbakti Medan, Kamis (22/12/2022).

Dalam arahannya, Wakil Ketua PT Medan Herdi Agusten meminta agar para ketua yang dilantik untuk dapat meningkatkan kinerja serta pelayanan yang maksimal bagi pencari keadilan di wilayahnya masing-masing.

“Kita meminta agar para ketua yang dilantik dapat menjadikan PN Binjai dan Kisaran menjadi pengadilan yang maju dan berkembang, menjadi pengadilan yang modern berbasis teknologi informasi sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat dalam memberi pelayanan publik,” ucap pria kelahiran Provinsi Bengkulu itu.

Selain itu, lanjut Waka PT, ketua PN mempunyai tugas untuk mengordinir persidangan elektronik, administrasi dan memantau kinerja pelayanan publik. Oleh karenanya, diharapkan agar tetap menjaga integritas hakim dan wajib mempertahankan Zona Integritas.

“Kami percaya kepada saudara-saudara mampu melaksanakan apa yang telah diarahkan pimpinan kita di MA untuk Pelayanan yang BerAHLAK,” tegas Dr Herdi Agusten.

Sementara Fauzi selaku Ketua PN Binjai yang baru mengatakan setelah dilantik, dirinya akan menjaga kekompakan dan kedisiplinan serta kinerja sebagaimana sudah ditetapkan. 

“Terkait hal-hal bersifat perintah yang disampaikan bapak Wakil Ketua PT tadi akan segera kami laksanakan. Agar kedepannya PN Binjai lebih maju lagi,” ucap Fauzi kepada wartawan.

Sedangkan Halida Rahardini mengatakan dirinya akan melanjutkan apa yang sudah bagus dibuat oleh Ketua PN Kisaran yang lama.

“Selanjutnya sebagaimana amanah bapak Waka PT tadi di pelantikan yang mana visi MA yang pada intinya mewujudkan peradilan umum yang modern. Jadi kita kedepannya mencoba melaksanakan semua produk-produk MA berbasis elektronik dan kita akan menambah inovasi-inovasi yang nantinya kita ciptakan di PN Binjai,” terang Halida.

Selain itu, lanjut Halida, dirinya juga akan meningkatkan integritas para hakim untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap MA khususnya PN Kisaran,” tegasnya.

Diketahui, Fauzi sebelumnya menjabat sebagai Ketua PN Lhoksukon, Provinsi Aceh. Beliau menggantikan Tauku Syarafi SH MH yang dipromosikan sebagai Wakil Ketua PN Banda Aceh.

Sedangkan Halida Rahardini SH M.Hum sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PN Stabat dipromosikan menjabat sebagai Ketua PN Kisaran menggantikan Nelson Angkat SH MH yang dipromosikan sebagai Wakil Ketua PN Serang Klas IA.

Humas PT Medan Jhon Pantas L Tobing didampingi Humas PN Binjai Wira Indra Bangsa SH dan Humas PN Kisaran Nelly Rahmasuri Lubis SH MH mengatakan, selain pelantikan kedua Ketua PN tersebut, Waka PT juga melantik Bram Fahmi ST SH menjadi Sekretaris PT Medan. 

“Sebelumnya beliau menjabat sebagai Sekretaris PT Jayapura. Dan beliau adalah Sekretaris termuda Pengadilan Tingkat Banding Peradilan Umum se Indonesia,” jelas pria yang akrab disapa JPL Tobing.

“Acara berjalan lancar sesuai rencana dan kami harapkan para ketua yang baru dilantik dapat terus meningkatkan kinerja khususnya pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Hakim Tinggi itu.

Tampak hadir pada pelantikan itu para Hakim Tinggi Medan, para hakim PN kedua pengadilan dan pegawai serta tamu undangan lainnya. (esa)