51 Anggota Panwascam Dilantik Ketua Bawaslu Palas

waktu baca 2 menit
Sabtu, 25 Mei 2024 17:24 0 21 redaksi2

PADANG LAWAS – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Padang Lawas melantik 51 orang anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pemilihan kkepala Daerah (Pilkada) 2024, digelar di Hotel Syamsiah, Jl Surapati, Lingkungan III, Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sabtu (25/5/24).

Acara tersebut dihadiri Asisten III Drs Amir Soleh, Wakapolres Kompol Sugianto S.Pd,, Inspektur Harjusli Fahri SSTP, M.Si, CGCAE, Kaban Kesbang A.Alamsyah Siregar, Ketua KPU indra Alamsyah, Perwakilan Kemenag, jajaran Komisioner Bawaslu, di antaranya Ketua Alex Sobar Nasution S.PdI, Berlin Toga Langit SH, MH, Hj.Ningtiasih, para staf sekretariat Bawaslu beserta undangan.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Lawas Alex Sobar Nasution S.PdI menyampaikan, total anggota Panwascam yang dilantik sebanyak 51 orang, mereka akan bertugas di 17 Kecamatan di Kabupetan Padang Lawas

Alex menjelaskan, sebagian besar anggota Panwascam Pilkada adalah penyelenggara Pemilu 2024. Dari 51 anggota, 44 diantaranya hasil evaluasi Panwaslu Kecamatan existing pada Pemilu serentak Februari lalu.

Sementara 7 orang sisanya hasil rekruitmen baru, hasil tahapan seleksi sebagai Panwascam Pilkada Padang Lawas. “Anggota Panwascam ini akan langsung bertugas melakukan pengawasan tahapan Pilkada Padang Lawas 2024,” ujarnya.

Setelah pelantikan, mereka akan bertugas di wilayah masing-masing. Setiap kecamatan terdapat 3 anggota Panwascam, nantinya akan ada bantuan dari Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dalam pengawasan Pilkada 2024.

“Alhamdulillah sudah sah dilantik menjadi Panwascam dan sudah menjadi keluarga kami serta tegak lurus melaksanakan tugas sesuai aturan dan jangan sampai melanggar aturan yg ada “kata Alex,

Alex juga mengajak seluruh Panwascam Kecamatan yang baru saja dilantik untuk menekankan integritas dan solidaritas dalam menjalankan tugas mengawal pemilihan kepala Daerah.

“Kepada Panwascam, kami berpesan jaga solidaritas, integritas, profesional dan mentalitas yg kuat dalam menjalankan tugas. Lakukan koordinasi dengan semua stakeholder terkait di masing-masing kecamatan,” pesannya.

“Kami tidak segan-segan akan menindak tegas apabila anggota Panwascam bermain dalam Pilkada ini dan jangan cari keuntungan di Panwascam,” tegasnya.

Asisten III Pemkab Padang Lawas, Drs.Amir Soleh mengatakan, kegiatan hari ini merupakan pelaksanaan amanat Undang-Undang yang merupakan rangkaian serta bagian dari tahapan Pilkada serentak 2024 Kabupaten Padang Lawas.

”Selamat atas di lantiknya Panwascam semoga amanah dan Pilkada serentak pada tanggal 27 November 2024 berjalan lancar, Jurdil dan damai,” tuturnya.

Ia berpesan Panwascam harus benar benar memahami tugas dan fungsinya, melakukan pencegahan pelanggaran Pilkada di tingkat kecamatan serta menerima dan menindaklanjuti laporan yang diterima, selalu konsultasi dan koordinasi dengan pihak terkait. (MS)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *