Selasa, 23 Apr 2024

Menparekraf: Aquabike Jetski World Championship 2023 Tingkatkan Performa Parekraf Danau Toba

waktu baca 3 menit
Selasa, 14 Nov 2023 22:05 0 20 redaksi2

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf / Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan event Aquabike Jetski World Championship 2023 yang digelar di Danau Toba pada 22-26 November 2023 akan mampu meningkatkan performa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Danau Toba dan sekitarnya.

Menparekraf Sandiaga Uno saat Media Gathering Aquabike Jetski World Championship 2023 secara virtual, Senin (13/11/2023) mengatakan event internasional potensial menjadi ajang untuk meningkatkan perekonomian.

Menparekraf Sandiaga Uno saat Media Gathering Aquabike Jetski World Championship 2023 secara virtual, Senin (13/11/2023) menjelaskan event-event internasional seperti ini potensial menjadi ajang untuk meningkatkan perekonomian sekaligus menjadikan destinasi khususnya Danau Toba sebagai pusat pariwisata Sumatera Utara yang semakin dikenal dunia.

“Kehadiran event ini memberikan dukungan promosi yang tak terhingga kepada perekonomian Indonesia khususnya bagi masyarakat sekitar Danau Toba, terlebih event ini akan berlangsung di Indonesia setiap tahunnya hingga 2027, di mana melalui event ini ditargetkan bisa diraih keuntungan 60-70 persen lebih besar dibanding F1Powerboat,” ujarnya.

Aquabike Jetski World Championship 2023 digelar di empat kabupaten sekaligus yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir. Acara ini merupakan kejuaraan olahraga air internasional kedua yang dituanrumahi Danau Toba pada tahun ini.

Sebelumnya, pada Februari 2023, Danau Toba menjadi tuan rumah F1H20 Powerboat 2023. Dalam ajang Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba akan ada 128 pembalap dari 22 negara yang berpartisipasi. Sebanyak 10 rider dari Indonesia nantinya juga akan tampil lewat jalur wild card.

Adapun pagelaran Aquabike Jetski World Championship 2023 dimulai dengan nomor ketahanan lebih dulu pada 22 November 2023 di Kabupaten Karo yang bertajuk Karo Cup yang diikuti oleh 41 rider. Kemudian, Dairi Cup yang digelar di Kabupaten Dairi dan berlangsung sehari setelahnya. Kemudian nomor ini akan ditutup dengan Samosir Cup pada 24 November 2023 di Kabupaten Samosir. Secara total para pembalap akan melewati rute sejauh 188 km di nomor ini.

Setelah itu, GP Danau Toba 2023 akan memainkan nomor sirkuit di Kota Balige, Kabupaten Toba pada 25-26 November yang diikuti oleh 77 rider. Dalam nomor ini, ada lima kategori yang dipertandingkan yakni Ski GP1, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Freestyle, dan Parallel Slalom.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, ditunjuk sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba. “Penyelenggaraan turnamen ini dapat berdampak positif bagi industri olahraga air di Indonesia dan juga untuk mendapatkan kepercayaan dunia terkait penyelenggaraan event olahraga,” ujar Menpora.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata Injourney Maya Watono menyampaikan pagelaran ini menjadi event untuk kebudayaan karena Danau Toba berpeluang untuk semakin dikenal dunia. Selain balapan, nantinya juga akan ada pesta rakyat seperti Batak Art and Culture dan festival kuliner.

“Saya harap ini jadi pesta rakyat bagi masyarakat di sekitar Danau Toba, dan semoga masyarakat Batak yang merantau bisa pulang kampung untuk menyaksikan event ini,” ujarnya. (Red)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *