Sabtu, 15 Jun 2024

Persiapkan 20 Atlet, Kempo Sumut Targetkan 2 Emas di PON 2024

waktu baca 2 menit
Rabu, 5 Jul 2023 18:22 0 26 redaksi2

MEDAN – 2 medali emas ditargetkan akan diperoleh atlet kempo Sumatera Utara (Sumut) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024.

Untuk memuluskan target itu, Pengurus Provinsi Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Sumut telah mempersiapkan 20 atlet pada event akbar olahraga tanah air tersebut.

Ketua Pengprov Perkemi Sumut, Steven Darmayanan, melalui Sekretaris Umum, Andri Sibarani, didampingi Kabid Binpres, John Piter Sihombing, dan Kabid Organisasi, Ir Dial Rizal, di Posko Publikasi PON XXI/2024 Wilayah Sumut, Kantor Dispora Sumut, Selasa (4/7/2023).

“Saat ini kita mempersiapkan 20 atlet yang masuk Pelatda KONI Sumut. Rinciannya 13 putra dan 7 putri. Kita akan tampil pada 20 dari 22 nomor yang dipertandingkan di PON 2024 nanti. Ada dua nomor yang tidak kita ikuti karena keterbatasan SDM atlet,” ujar Andri Sibarani.

Andri menambahkan dari 20 atlet yang dipersiapkan, 17 lolos grade tes fisik dan kesehatan yang digelar KONI Sumut, beberapa waktu lalu. “Meski tiga tidak lolos, kita tetap pertahankan. Mudah-mudahan nanti mereka bisa menembus grade yang ditetapkan,” ungkapnya.

Perkemi Sumut optimis meraih dua medali emas, meski Cabang kempo akan dipertandingkan di Aceh. Target tersebut berdasarkan peta kekuatan lawan dan raihan di Kejurnas Monas Cup, Mei 2023 lalu.

“Pada Monas Cup 2023 lalu kita meraih 2 emas, 2 perak, dan 9 perunggu. Itu menjadi acuan kita karena yang tampil merupakan 80 persen kekuatan kempo di Indonesia,” tambahnya.

Sedangkan John Piter Sihombing menambahkan, atlet kempo Sumut menjalani latihan lima kali seminggu di Aula Kantor Camat Medan Helvetia. Ini juga merupakan menjadi salah satu kendala kempo Sumut.

“Kita belum memiliki Pusdiklat, sehingga atlet yang berasal dari luar Kota Medan menjadi kendala. Meraka terpaksa hanya latihan Sabtu dan Minggu. Mudah-mudahan ke depan, semua atlet bisa latihan bersama. Selain itu, kita juga terkendala dengan wasit nasional,” jelasnya.

John Piter menambahkan, dua atlet yang menjadi andalan kempo Sumut di PON 2024 nanti adalah M Dedi Yusuf (Langkat) dan Sonya Fatira Adelia (Medan). “Meski begitu, kita berharap atlet lain bisa membuat kejutan. Yang meraih medali perak dan perunggu di Monas Cup kemarin bisa meraih emas,” harapnya.

John Piter mengakui persaingan di PON 2024 bakal sengit. Sesuai dengan peta kekuatan, Indonesia Timur masih menjadi pesaing utama di kategori randori (tarung). Sedangkan untuk kategori embu (seni), Pulau Jawa menjadi pesaing.

“Mudah-mudahan pada PON 2024 mendatang kita bisa membuat sejarah. Sebab sepanjang sejarah, kempo Sumut baru mampu meraih medali perunggu di PON,” pungkasnya. (Red)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *